ICT BK

BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Sejarah E-mail
Surat elektronik sudah mulai dipakai pada tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan mainframe yang terbentuk sebagai jaringanE-mail bermula pada tahun 1968, di sebuah perusahaan yang bernama Bolt Beranek and Newman (BBN) dikontrak oleh  Departemen Pertahanan AS untuk menyelesaikan proyek yang disebut ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network) yang kemudian berubah menjadi Internet. ARPANET sendiri  adalah proyek yang semula bertujuan untuk menciptakan sebuah metode komunikasi antara institusi militer dan pendidikan satu sama lain. 
Kemudian pada tahun 1971, seorang insinyur bernama Ray Tomlinson ditugaskan dalam program yang disebut SNDMSG. Program ini bukanlah program baru, karena sebenarnya program tersebut sudah ada sejak sekian tahun silam. Dilihat dari standar masa kini, program tersebut bisa dikatakan lebih primitif. Apa yang bisa dilakukan oleh program tersebut   hanyalah saling mengirim pesan kepada sesama pengguna dalam satu mesin yang sama. Ketika pengguna membuat pesan / dokumen dalam bentuk teks, selanjutnya pesan tersebut akan dikirimkan kedalam  kotak surat yang ada pada mesin itu. 
Awalnya Ray Tomlinson bereksperimen dengan program SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan  pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer tersebut dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu, dia melanjutkan eksperimen nya dengan menggunakan file protokol yang dinamakan CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPANET. Itulah awal mula terciptanya sebuah ‘e-mail’. Pesan email yang pertama kali dikirim Ray dan merupakan e-mail yang pertama kalinya di dunia adalah “QWERTYUIOP”. Selanjutnya pada tahun 1972, Ray memperkenalkan icon ‘@’ yang berarti “at” atau “pada” sebagai identitas email untuk memisahkan user id dan domain sebuah alamat email. 

Salah satu program email pertama yang terbesar yang dapat digunakan untuk  umum adalah Eudora. Email ini pertama kali ditulis pada tahun 1988 oleh Steve Domer yang pada saat itu iaadalah seorang karyawan di University of Illinois.
Eudora diambil dari nama almarhum Eudora Welty, seorang penulisdari AS. Eudora adalah client emai (email berbasis client) pertama yang menyediakan grafis antar muka. Pada saat pertama muncul, email ini bersifat gratis meski setelah dibelioleh Qualcomm padatahun 1994 danmen jadi produk professional. 
Seperti aplikasi lain dalam web, Eudora adalah raja selama beberapa tahun. Lalu dengan cepat tergantikan oleh client email dari Netscape dan Internet Explorer. Kedua client email tersebut kemudian menjadi popular, tidak hanya lebih baik dari Eudora namun juga karena mereka  isediakan secara cuma-Cuma dengan web browser. 
1.      Pengertian E-mail
Surat Elektronik atau E-Mail adalah kegiatan surat menyurat (berkirimsurat) menggunakan jaringan Internet. Surat Elektronik lebih mudah digunakan dari pada surat yang dikrim di pos. Selain itu surat elektronik lebih murah dibandingkan surat biasa karena surat elektronik tidak perlu menggunakan perangko dan dikirim melalui pos, hanya perlu menggunakan internet. Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar.[1]
2.      Langkah Pembuatan Akun dan Pengoperasian E-mail
Ada beberapa tahapan pembuatan akun e-mail yaitu sebagai berikut :
1)      Silahkan Anda mengunjungi http://mail.google.com/?hl=id Maka Anda akan di suguhkan halaman login Gmail.
Halaman Login Gmail

2)      Silahkan Anda klik pada tombol merah Buat Akun. Maka Anda akan diarahkan di halaman isian form untuk membuat akun google.
Form Pendaftaran Akun Google
3)      Selanjutnya isi Form pendaftaran Hingga terisi semua. Untuk isian form Alamat Email Anda Saat Ini bisa di kosongkan. Jangan lupa centang pada persyaratan layanan dan kebijakan privasi. Kemudian klik Langkah berikutnya. Anda akan di arahkan dalam halaman profil Goofle+.
Bagaimana Anda ditampilkan di google+
4)      Silahkan Tambahkan foto, jika sudah selesai klik Langkah berikutnya. Maka Anda akan dibawa ke halaman selamat datang. Selanjutnya klik Lanjutkan ke Gmail. Dengan begitu Anda telah memiliki alamat Email di Gmail.

Sebagai catatan, Dengan membuat Akun Google maka Anda otomatis memiliki akses akun ke berbagai jaringan Google seperti Gmail, Blogger, Youtube, Google+ dan lainnya.[2]
2.2 Pengertian Facebook
Facebook adalah situs web jejaring sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League.
 Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah, tempat kerja, atau wilayah geografis.
Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.
            1. Langkah Pembuatan akun Facebook
                Ada beberapa tahapan dalam membuat akun facebook sebagai berikut :
a)    Pertama kunjungi halaman utama www.facebook.com
ScreenShot001

b)   Isikan data diri anda pada kolom yang ada di sebelah kanan, anda harus memasukan nama depan, nama belakang, alamat email, tanggal lahir dan jenis kelamin. setelah itu klik tombol mendaftar yang berwarna hijau di bawahnya.
ScreenShot002
c)    Setelah meng klik tombol mendaftar biasanya akan langsung muncul halaman pemeriksaan keamanan. disini anda hanya perlu memasukan huruf dan angka yang terlihat pada gambar yang muncul. masukan di kotak kosong yang berada tepat di bawahnya. setelah itu klik tombol Mendaftar berwarna hijau. Bila tulisan yang anda masukan tidak sesuai dengan gambar, maka anda akan di minta memasukannya kembali dengan gambar yang baru.
d)   Kemudian anda akan di hadapkan pada halaman pengisian informasi data diri anda. ada tiga tahapan disini yaitu 1. temukan teman anda. 2. Isilah informasi dan 3. Tambahkan foto profil (seperti gambar di bawah ini)
Langkah 1 - Temukan Teman Anda
Pada langkah ini lewatkan saja dengan mengklik kata lewati di pojok bawah

ScreenShot003
Langkah 1 - Temukan Teman Anda

e). Pada langkah ini anda dapat memasukan informasi mengenai profil yang anda buat, beberapa data yang diminta seperti Sekolah dimana, Kuliah dimana, Kota tempat tinggal sekarang, dan kota asal. Setelah selesai melengkapi informasi langsung klik tombol simpan & lanjutkan yang berwarna biru di kanan bawah.
ScreenShot004
Langkah 2 - Isilah informasi

f). Pada tahap ini anda diminta untuk memasukan foto profil anda, klik unggah untuk memilih foto yang ada di komputer untuk di upload menjadi foto profil akun facebook anda.
ScreenShot005
Tahap 3 - Tambahkan foto Profil




g). Setelah selesai dengan 3 tahap tadi facebook anda telah jadi namun anda diminta untuk segera mengkonfirmasi alamat email anda.
ScreenShot006
h).  Login email yang anda daftarkan tadi kemudian buka email yang dikirimkan    oleh facebook.
i). klik link konfirmasi email.

konfirmasi+email+facebook












2.3 Pengertian Twitter
Twitter merupakan suatu layanan social network yang berkategori Microblogging. Maksud dari Microblogging ini yaitu sebuah layanan blog yang singkat dalam sebuah paragraph. Jadi apa itu twitter ?.
 Twitter adalah  suatu tempat layanan informasi yang bisa kita bagikan kepada banyak orang di seluruh dunia. Twitter terdiri dari pesan singkat hanya 140 karakter, pesan ini diibaratkan kicauan burung yang dinamakan Tweet.
Twitter bukan merupakan social media atau jejaring sosial, melainkan sebuah jaringan informasi untuk menyebarkan berita secara singkat ke seluruh dunia. Tampilan dari twitter di mata penggunanya sangatlah sederhana.
          1. langkah pembuatan akun Twitter
              Adapun langkah-langkah pembuatan akun twitter sebagai berikut:
a)    Apakah anda sudah punya email ?.Jika belum mempunyai email silahkan daftar dulu 
b)   Klik twitter.com maka anda akan melihat tampilan di bawah ini.

cara membuat akun twitter

c). Masukkan data anda sesuai dengan yang ada di gambar di bawah ini. Isi sesuai dengan nama anda, dan alamat email anda jika belum mempunyai alamat email silakan klik di cara membuat email dan juga isi sandi sesuai dengan alamat email      anda.
cara membuat akun twitter

d).Masukkan data anda sesuai dengan yang ada di gamabar di bawah ini. Pertama isi dengan nama lengkap anda. Kedua isi alamat email yang anda buat. Ketiga isi dengan sandi atau pasword email anda. Serta pilih nama penggua twitter anda supaya    bisa      cari      tau       nama    twitter anda.


cara membuat akun twitter

f). Jika sudah klik daftar.
g). Jika muncul seperti gambar di bawah sini klik ayo yang ada di kiri bawah.
cara membuat akun twitter

h). Jika muncul seperti gambar di bawah sini klik lanjut yang ada di kanan atas. dari tampilan di bawah ini apa yang anda minati sebagai contoh pembuatan ini saya           meminati         akun          terpopuler.
cara membuat akun twitter


i). jika muncul seperti gambar di bawah sini klik ikuti 40 & lanjutkan yang ada di kanan atas. Di dalam fitur di bawah ini anda bisa mengikuti berbagai macam berita,          sport    ataupun           lainnya.
cara membuat akun twitter

j). Jika muncul seperti gambar di bawah sini klik unggah kontak gmail anda yang ada di kanan atas. dalam hal ini email akun anda akan di beri persetujuan dari twitter anda, ini mengharuskan anda membuka email anda.
cara membuat akun twitter

k). Jika muncul seperti gambar di bawah sini maka masukkan email anda dan pasword anda klik masuk.
cara membuat akun twitter
l). Setelah itu klik izinkan akses.
m). Jika muncul seperti gambar di bawah sini klik lanjut yang ada di pojok kanan atas.
cara membuat akun twitter

n). Jika muncul gambar di bawah ini twitter anda telah siap untuk digunakan. Twitter anda siap di gunakan di dalam twitter anda bisa menambah akun teman yang     anda    kenal    maupun            yang    tidak    kenal.[3]
cara membuat akun twitter


            2.4 pengertian skype
Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia.
Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara.
Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost (P2P untuk televisi). Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323.
Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, A.S.
Sejak diluncurkan skype telah mengalami pertumbuhan pesat baik dari penggunaannya yang populer maupun pengembangan perangkat lunaknya, jasa yang ditawarkan pun menjadi beragam mulai dari penggunaan gratis maupun berbayar.[4]

            1. langkah pembuatan akun sykpe
                Adapun langkah-langkah pembuatan akun skype sebagai berikut :
a)    Pada Skype masuk layar, pilih buat akun baru (atau pergi langsung ke membuat laman akun).
b)   Kami akan membawa Anda melalui proses pembuatan akun baru untuk Skype.
Skype desktop create account
Bagaimana menggunakan akun Microsoft untuk masuk ke Skype?
a)    Jika Anda sudah memiliki akun Microsoft, tetapi tidak memiliki Skype account:
b)   Pada Skype masuk layar, di bidang Skype nama, email atau mobile , ketik Microsoft email account Anda dan pilih masuk.
c)    Masukkan password Anda dan pilih tanda panah.
d)   Pilih tidak dan kita akan membawa Anda melalui proses pengaturan account Skype baru.
Skype sign in field
          2.5 pengertian weblog
Blog merupakan singkatan dari web Log adalah bnetuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan terbalik ( isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.[5]
1.      langkah pembuatan web/ blog
Memiliki sebuah blog adalah hal yang menyenangkan karena kita dapat berbagi apapun yang kita suka, dan kalau kita serius dalam merawat blog, kita juga bisa mendapatkan penghasilan yang layak dari blog kita.

Blogger-icon-nyekrip




2. Cara Membuat Blog di Blogspot atau Blogger Gratis
Untuk cara membuat blog di Blogspot gratis, silahkan menuju blogger.com dan login menggunakan akun Google. Jika belum memiliki akun Google (akun Gmail), silahkan menuju tutorial ” Cara Membuat Email Baru Lengkap Gambar “. Setelah anda mempunyai akun gmail atau akun google, silahkan kunjungi ” www.blogger.com ” dan kita akan melihat halaman login seperti gambar berikut.

cara_membuat_blog_di_halaman_login_blogger_nyekrip
a)      Halaman Login
Setelah login kita akan menghadapi pilihan untuk menggunakan identitas, kita dapat memilih profil Google plus atau menggunakan profil Blogspot. Lebih di sarankan memilih profil Google plus.
cara_membuat_blog_di_memlilih_identitas_profil_nyekrip

b)      Memilih Profil
Langsung tekan tombol ” Lanjutkan ke Blogger “.
Setelah itu kita akan melihat halaman membuat blog di blogspot seperti gambar berikut. Pada halaman ini kita akan melihat daftar blog yang telah dibuat, karena kita baru akan memulai dalam membuat blog maka kita belum melihat daftar blog tersebut, untuk memulai membuat blog silahkan klik tombol ” Blog Baru “.
cara_membuat_blog_di_blogspot_memulai_membuat_blog_nyekrip






c)      Memulai Blog Baru
Memberi Nama dan Alamat Blog di Blogspot/blogger
Setelah kita klik tombol ” Blog Baru ” kita akan melihat sebuah halaman baru untuk memulai dengan menambahkan nama dan memilih nama domain. Untuk tips trik dalam memilih nama domain silahkan anda kunjungi tutorial ” Tips Cara Memilih Nama Domain Blog atau Website “.

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar membuat blog di blogspot berikut:
cara_membuat_blog_di_blogspot_memilih_nama_blog
d)     Halaman Membuat Blog
Keterangan nomor pada gambar :
§  Nomor 1 adalah tempat kita untuk memberi judul atau nama blog
§  Nomor 2 adalah tempat kita untuk memberi alamat blog kita
§  Nomor 3 adalah tempat kita untuk memilih template blog kita, kita bisa merubah-nya nanti pada halaman template, jadi untuk sementara pilih saja yang standar
§  Nomor 4 merupakan keterangan alamat blog yang kita ketik tersedia atau tidak, pastikan alamat blog tersedia.
§  Nomor 5 adalah tombol untuk mengakhiri , tekan tombol ini jika anda sudah merasa puas dengan nama dan alamat yang anda pilih.
cara_membuat_blog_di_blogspot_memulai_posting_nyekrip
e)    Memulai Post
Mengenal Dashboard di Blogspot/blogger
Sekarang blog kita sudah dibuat tetapi belum selesai sepenuhnya. Ada beberapa pengaturan yang perlu kita lakukan pada blog yang baru dibuat, agar membuat blog di Blogspot kita semakin SEO, seperti merubah template dan menambah halaman. Sekarang kita berada di dashboard Blogspot di mana kita akan melihat backend blog dan bisa pergi ke pengaturan dan membuat perubahan untuk meningkatkan visibilitas blog. Berikut adalah screenshot dashboard beserta penjelasan:
cara_membuat_blog_di_blogspot_dashboard_lengkap_blogspot_nyekrip

f)       dashboard blogspot
Keterangan nomor pada gambar
§  Nomor 1 merupakan tombol yang bisa kita gunakan jika ingin membuat blog baru
§  Nomor 2 merupakan tombol yang bisa kita gunakan jika ingin membuat post baru
§  Nomor 3 merupakan tombol yang bisa kita gunakan jika ingin melihat blog secara live
§  Nomor 4 merupakan daftar shortcut menuju pengaturan, post, dan lain-lain
§  Nomor 5 merupakan area artikel dari blog yang kita ikuti atau follow
§  Nomor 6 merupakan area identitas atau profil kita di google, dalam area ini kita bisa login dan logut.
Setelah kita mengenal fungsi dari dashboard blogspot/blogger, silahkan anda klik menu “ Ikhtisar ” untuk melihat daftar menu dalam memulai membuat post, halaman, sampai mengatur adsense pada blog kita.
Untuk melihat tampilan blog yang sudah dibuat, silahkan klik tombol no 3 pada nomor diatas, maka tampilan blog akan terlihat seperti gambar dibawah ini. Perhatikan bahwa template sudah sesuai dengan template yang telah dipilih sebelumnya.[6]
Tampilan_Blog_Cara_Membuat_Blog_di_Blogspot_Lengkap_Gambar_-_Nyekrip







§  Pemanfaatan TI dalam Bimbingan dan konseling
Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan begitu juga dengan penggunaan aplikasi penggunaan TIK yang semakin meluas diberbagai bidang yang salah satunya yaitu dalam bidang bimbingan dan konseling (BK). Bimbingan dan konseling sebagai suatu proses pemberian bantuan kepada individu, dilaksanakan melalui berbagai macam layanan. Layanan tersebut saat ini, pada saat zaman semakin berkembang, tidak hanya dapat dilakukan dengan tatap muka secara langsung, tapi juga bisa dengan memanfaatkan media atau teknologi informasi yang ada.
Tujuannya adalah tetap memberikan bimbingan dan konseling dengan cara-cara yang lebih menarik, interaktif, dan tidak tidak terbatas tempat, tetapi juga tetap memperhatikan azas-azas dan kode etik dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling itu sendiri.
            Dengan TIK ini seorang konselor bisa berkomunikasi dengan klienya kapan saja dan dimana saja. Saat ini teknologi internet sudah bukan barang baru dan bukan hal yang perlu ditakuti apalagi harus dihindari. Karena dengan teknologi ini kita akan mudah berkomunikasi dengan siapa saja dan kapan saja serta tidak terikat dengan ruang dan waktu. Sehingga proses bimbingan bisa bisa dilakukan kapan dan dimana saja, dengan demikian seorang siswa bisa saja merasa nyaman jika berkonsultasi melalui jaringan internet ini, karena mungkin saja tidak merasa risih dan takut diketahui oleh orang lain.
            Dengan demikian proses interaksi antara konselor dengan klien akan terasa lebih akrab dan lepas tanpa beban.
Penggunaan TIK memiliki beberapa fungsi dan peranan dalam bimbingan dan konseling yaitu :
1.      Publikasi
Disini teknologi informasi dimanfaatkan sebagai sarana pengenalan kepada masyarakat luas dan juga sebagai pemberi informasi mengenai BK
2.      Pelayanan dan bantuan
Dalam fungsi ini bimbingan dan konseling dilakukan secara tidak langsung dengan bantuan teknologi informasi.
3.      Pendidikan
Dikatakan demikian karena di dalam informasi yang diberikan melalui sarana TI ini mengandung unsur pendidikan.
Layanan bimbingan dan konseling dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya:
a.       Konseling melalui telepon
b.      Konseling melalui video-phone
c.       Konseling melalui radio dan televisi
d.      Konseling berbantuan komputer yaitu e-mail
e.       Konseling melalui internet atau chating
f.       Konseling melalui surat disket
Fasilitas di internet dapat dipergunakan untuk melakukan testing bagi siswa. Tentu saja hal ini di dasari pada kebutuhan siswa.[7]





[2]narendro.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/15509/E-mail.pdf
[3]www.maxmanroe.com/cara-membuat-akun-twitter-baru.html&ei diakses pada tanggal 05 april 2017 pukul 15.20
[4] http;//support.skype.co/id/bagaimana-cara-membuat-akun-baru-untuk-skype diakses pada tanggal 05 april 2017 pukul 12.30
[5] Blood,Rebecca(september7,2000).”weblog; A History and perspective
[6] http://www.nyekrip.com/cara-membuat-blog-di-blogspot-lengkap-gambar diakses pada tanggal 5 april 2017 pukul 21.55

Komentar